Manfaat Lain Si Susu Kaleng

12:04 PM

Beberapa waktu yang lalu BPOM mengeluarkan rilisan mengenai susu kental manis alias SKM. Dalam rilisan tersebut, disebutkan bahwa SKM bukanlah susu sebagaimana nama produknya, melainkan krimer atau topping pencampur makanan atau minuman.

Kaget? Well, wajar. Mengingat selama ini SKM diiklankan sebagaimana layaknya susu pada umumnya yang dapat dikonsumsi tunggal. Beberapa merk bahkan terkenal dengan produk susu kental manisnya yang banyak dikonsumsi sebagai susu. Apalagi, SKM terkenal murah dan gampang didapatkan sehingga banyak orang tua yang memilih memberikan anaknya SKM alih-alih susu formula yang harganya jauh lebih mahal.

Kemarin (05/11), di seminar gizi yang diadakan oleh YAICI, kita membedah berbagai masalah yang disebabkan oleh SKM dan kenapa SKM tidak termasuk kategori susu yang baik untuk dikonsumsi anak.

Kandungan gizi SKM tidak sebanding dengan susu pada umumnya

Saya sempat googling kandungan gizi yang ada dalam SKM. Hasilnya? Well, cukup mengejutkan. Kandungan gula dalam 100 gram SKM berkisar 54 gram, lebih dari separuh.

Pantesan manis banget kayak janji-janji mantan /heh
Jadi, sebenarnya apa sih, kegunaan SKM ini?

Krimer
Di Padang, es kopi susu sedang menjadi trend minuman kekinian. Bersaing ketat dengan Thai Tea dan boba. Nah, selain menggunakan susu UHT, beberapa kedai kopi juga menggunakan SKM sebagai pengganti krimer yang harganya lumayan. Biasanya, kalau menggunakan SKM, si barista tidak akan menggunakan gula lagi karena rasa manisnya sudah terpenuhi oleh SKM.

sumber : freepik
Campuran minuman
Apalah arti semangkuk es campur tanpa SKM? Ibarat makan nasi tanpa sayur, hambar. Seperti yang sering digambarkan berbagai iklan makanan dan minuman di bulan puasa, es campur takkan nikmat tanpa SKM. Jangankan es campur, es alpukat saja nggak bakalan nikmat tanpa lumuran SKM di pinggiran gelasnya.

sumber : foodizz
Bahan kue dan topping aneka dessert
Beberapa kue yang sering saya buat, menggunakan SKM sebagai salah satu bahan dasarmya. Bahkan, kayaknya hampir semua kue yang pernah saya buat menggunakan SKM. Apalagi pudding, beuh pudding pakai SKM itu adalah nikmat dunia yang tidak boleh dinistakan.

sumber : freepik
Walaupun murah, SKM bukan susu untuk dikonsumsi ya, apalagi untuk anak-anak. Selain karena kandungan gizinya tidak sebaik susu pada umumnya, kandungan gulanya cukup tinggi dan dapat menyebabkan diabetes jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Pakai SKM untuk bikin kue saja, ya!

You Might Also Like

2 jejak dari orang-orang baik hati

  1. wah, saya malahan baru tahu kegunaan susu skm ini, saya kira juga sama seperti susu pada umumnya, eh ternyata saya terpedaya iklan TV. oke deh, udah tahu sekarang.

    BalasHapus
  2. Baru tau soal ini tapi emang enggak pernah konsumsi langsung SKM ini sih. Karena enggak terlalu suka makanan dan minuman yang terlalu manis. Hehe. Btw... Terima kasih sudah berbagi informasi ini ya kak.

    BalasHapus

Thank you for leaving a comment. Please come back!