Awin Masuk Teknik! Ketika Anak Psikologi Ikut #DanoneOpenDoors

3:26 PM

Sewaktu saya mau ujian SBMPTN, teman-teman saya sempat membuat hashtag #AwinMasukTeknik di twitter. Motivasinya? Nggak ada, cuma mau bikin saya kesal saja. Karena saya sama sekali tidak minat masuk jurusan teknik. Buat saya, jurusan teknik terlalu gahar buat saya yang klemar-klemer. Nggak cocok, nggak bakalan kuat.

Fast forward, Sabtu (01/11) lalu saya diundang untuk mengunjungi pabrik Aqua yang berlokasi di Talang, Kab. Solok, Sumbar bareng beberapa blogger dan influencer yang berdomisili di Sumbar. Kunjungan pabrik alias open door ini dilakukan oleh Danone Indonesia di dalam rangka memperingati ulang tahun Danone yang ke-100. Selain di Sumbar, Danone Indonesia juga mengundang media, blogger, dan influencer untuk mengunjungi pabrik-pabrik Aqua lainnya yang tersebar di sembilan kota.

Berhubung lokasi pabriknya berada di Talang ("Talang ya, Win, itu bukan kota Solok! - mamaknya Awin) sementara kita semua berdomisili di kota Padang, jadilah kita berkumpul dulu di salah satu gerai franchise yang selalu dilalui angkutan umum. Sekalian, briefing bareng rekan-rekan Danone Indonesia yang bakal nemenin kita selama kunjungan.

Diambil dengan kamera milik bang Ali yang super keren hasilnya
Setelah itu, cus deh berangkat. Sepanjang jalan bercanda terus, apalagi kita udah saling kenal satu sama lain, jadi ya nggak canggung.

Sat set sut.... nyampe pabrik langsung dikasih safety briefing dan tentunya sedikit pengenalan tentang Danone dan Aqua.

Safety briefing oleh tim keamanan pabrik

Pengenalan mengenai Aqua dan programnya
Bapaknya lagi penjelasan soal program CSR Aqua sambil pamer lagi pake baju hasil recycle plastik botol minuman Aqua
Lanjut... langsung ke pabriknya.

Ternyata yah, pabrik itu nggak segahar yang saya kira. Malah disini tuh minim manusia karena semuanya dioperasikan mesin.


This is somehow oddly statisfying
Video oleh adipatifozan

Tentunya, karena ini produk minuman, kebersihannya sangat amat dijaga. Bahkan ada beberapa tempat yang harus steril dari mahkluk hidup apapun. Jangankan manusia, lalat aja kayaknya minta izin dulu sama kuncennya buat masuk. Sayang, pas dibagian ini saya enggak sempat foto karena keasikan mantengin mesinnya gerak-gerak /ga.

Anyway saya sempat nanya juga, kenapa sih, harga Aqua lebih mahal dibanding air mineral kemasan lainnya? Usut punya usut, ternyata selain kualitas airnya yang terjaga dan diambir dari sumber mata air pilihan (FYI, butuh waktu minimal 1 tahun sebelum Aqua memutuskan memakai satu sumber mata air sebagai bahan baku ), bahan baku plastiknya juga berkualitas. Saking berkualitasnya jadi mudah untuk didaur ulang. Jadi,  buat yang sering minum Aqua kumpulin aja botol plastiknya, lalu drop ke bank sampah terdekat. Lumayan lho, duitnya /ga.

Lanjut, abis muterin pabrik yang lumayan juga, kita lanjut mampir ke sebuah kebun stroberi yang jadi program CSR-nya Aqua. Ohmy itu heaven banget!

Ini katanya belum siap panen, kalau udah siap panen bakalan lebih merah dan besar buahnya. Apalagi buah ini ditanam secara organik alias tidak pakai pestisida. Segar rasanya ~
Selain menjual buah stroberi, ibu-ibu petaninya juga menjual aneka olahan stroberi

Ada buah stroberi, ada puding stroberi, ada selai stroberi.
Paling unik sih galamai dan wajik rasa stroberi ini, kearifan lokal dengan rasa kekinian

Ada eskrim stroberi juga yang manisnya gak kayak manis palsu janji mantan :))))))
Overall, saya jadi tau proses produksi air mineral Aqua dan program-programnya. Tentu saja, kapan lagi anak psikologi menyamar jadi anak teknik? Selamat ulang tahun, Danone!

Barangkali Aqua butuh model atau brand ambassador baru buat iklannya, gitu.

You Might Also Like

16 jejak dari orang-orang baik hati

  1. Seru banget ya Win.
    kebetulan banget yaa bajunya serba biru gitu wkwkwk.

    Semoga kedepan sering-seirng deh Blogger padang diajak liputan ke luar daerah kayak gini wkwkwk

    Maafkan yaaa, itu video twitnya ada setan yang mengganggu hai hai di belakang HAHAHAHA

    #AwinMasukTeknikKejiwaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu setan yang ganggu hai-hai mulu emang caper sekali :)))))))

      ((((Teknik Kejiwaan)))

      Hapus
  2. mbak yang lg minum iru siapa bang? hehe salah fokus nih.
    artikelnya sama kyak punya bang aul howler ya

    BalasHapus
  3. Danone open doors ini menarik sekali terlebih bisa ikut acaranya saat perayaan ke 100 tahun. Mengunjungi pabrik Aqua jadi inget waktu kuliah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang aku lupa bang ubay itu anak teknik....

      Hapus
  4. Seru banget perjalanan ke pabrik Solok kemarin kak. Gak nyangka bisa liat secara langsung proses pembuatan air kemasan yang berkualitas ini.

    BalasHapus
  5. Kak Awin, masuk teknik? Tidak...��
    Btw, kemarin seru dan masih tersisa Euforianya nih, kak. Terima kasih, AQUA sudah bikin seharian kmi seru, apalagi pas icip-icip di CSR. Hehe. Happy 100th Danone!

    BalasHapus
  6. Behhh minum Aqua langsung di pabriknya. Berasa keceh, wkwkwkwk

    Mbak salam dong buat aul. Bilangin temen saya ada yang naksir dia, tapi om-om, wkwkwkk


    Salam dari blogger Jakarta...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bentar, ini yang naksir bang aul om-om, atau bang aul itu om-om nya

      Hapus
  7. Jadi kebun strawberrynya ada di dalem pabriknya Aqua? itu waw banget loh.
    Aku terpincut dengan kemasan strawberry yang dipocongin itu ucul banget hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga di dalam pabriknya, tapi sekitar beberapa ratus meter dari pabrik

      (((dipocongin)))

      Itu namanya wajik, tapi spesial rasa stroberi

      Hapus
  8. Nyamr banget yak. HAHAHA. Pas masuk pabrik ga klemer-klemer kan win? HAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya reza yang klemer-klemer gegara ada yang bening?

      Hapus

Thank you for leaving a comment. Please come back