#BelajarSeruDiRumah? Pahamify Aja!

11:41 AM


Semenjak kasus COVID-19 atau virus corona pertama kali muncul di Indonesia, gue mulai mengisolasi diri. Kebetulan, kerjaan gue emang freelance yang nggak terikat sama jadwal rutin dan bisa dikerjakan secara remote dari mana saja. Jadi, himbauan untuk karantina mandiri dan social distancing tidak begitu memberi pengaruh pada aktivitas harian gue. Awalnya.

Beberapa hari setelah itu, beberapa sekolah, dan kampus mulai memberlakukan kerja/belajar dari rumah. Termasuk Sumatera Barat. Nah, di sini masalah gue dimulai.

Nyokap gue bekerja sebagai guru salah satu SMK. Termasuk guru jadoel karena sudah mengajar sejak belum kenal sama bokap. Boro-boro paham gimana caranya mengajar murid-muridnya dari jarak jauh, bikin RPP sama bahan ajar gue yang bantu ketikin. Jelas, nyokap gue kelimpungan buat bikin bahan ajar yang sesuai dengan metode belajar online ini.

Belum lagi adik-adik gue di komunitas yang rata-rata masih SMA. Mereka jadi kelimpungan karena tugas-tugas sekolah makin bejibun. Tidak sedikit dari mereka yang meminta bantuan gue untuk memeriksa tugas-tugas mereka atau sekedar bertanya mengenai tugas-tugas tersebut.

Well, sebelum pandemi corona sih sebenarnya mereka udah sering minta bantuan gue untuk sekedar memeriksa pekerjaan rumah mereka sebelum diserahkan. Tapi, gara-gara pandemi ini, tugas mereka jadi agak ngadi-ngadi. Begini, misalnya.
Ini bapak/ibu gurunya kreatif dan kekinian banget, segala virus corona dijadiin tugas. Mungkin maksudnya, biar anak-anak didiknya nggak merasa bosan dan terbebani jadi tugas-tugasnya dibikin semenarik dan seseru mungkin.

Teman-teman blogger gue juga nggak berbeda. Mbak-mbak blogger yang sudah pada punya anak ini saling sharing metode-metode agar anak-anaknya bisa betah belajar online, sampai berbagi aplikasi-aplikasi yang anak-anak mereka gunakan. Apalagi setelah banyak aplikasi-aplikasi belajar online yang menggratiskan layanan mereka untuk mendukung siswa belajar selama masa pandemi ini.

Salah satu aplikasi yang dibahas adalah Pahamify. Pahamify adalah salah satu aplikasi belajar online yang beberapa waktu lalu mengadakan kelas online untuk siswa secara gratis. Setiap harinya, dari pukul 14.00 sampai pukul 16.00 siswa dapat belajar melalui fasilitas live streaming dan live chat bareng Rockstar Teacher Pahamify.

Sekarang, Pahamify membuka akses gratis untuk semua konten belajar di aplikasinya sebagai bentuk dukungan kepada para siswa yang belajar secara online. Dengan dibukanya akses gratis untuk semua konten belajar di aplikasi Pahamify, siswa dapat dengan mudah belajar kapanpun mereka inginkan. Tentunya siswa tidak perlu lagi memikirkan biaya layanan. Cukup tersambung dengan internet dan mereka bisa mengakses berbagai konten pelajaran yang mereka inginkan.


Saat ini, Pahamify sudah memiliki lebih dari 200 ribu pengguna. Edutech start-up ini didirikan pada tahun 2018 oleh kreator-kreator lulusan universitas ternama. Para kreator ini memiliki pengalaman di dunia pendidikan yang membuat mereka selalu berinovasi dalam menciptakan konten-konten edukatif yang menyegarkan dan menarik untuk siswa SMA. Selain itu, Pahamify juga menyediakan fasilitas try out untuk menempuh Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

Di tengah pandemi ini, gue jadi sadar bahwa banyak hal saat ini yang bisa kita lakukan secara online, termasuk belajar. Apalagi dengan berkembangnya teknologi saat ini, banyak aplikasi-aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menambah ilmu. Jadi, nggak ada alasan lagi buat nggak belajar.

Buat lo yang pengen akses konten-konten belajar gratis dari Pahamify, lo bisa klik link ini. Selamat belajar dan jangan lupa cuci tangan!

You Might Also Like

24 jejak dari orang-orang baik hati

  1. Iya kak, belajar kan tetap bisa di lakukan biarpun nggak kemana2, dan banyak juga kok aplikasi pendidikan tang bisa di buat bimbel

    BalasHapus
  2. Baru tahu tentang Pahamify padahal saat ini, Pahamify sudah memiliki lebih dari 200 ribu pengguna. Edutech start-up ini didirikan pada tahun 2018 oleh kreator-kreator lulusan universitas ternama, ya ternyata. Memang pas jadi media belajar nih.

    BalasHapus
  3. Waaahhh, aku otw donlot ahhh
    iya nih mati gaya banget selama WFH
    Kayaknya aku butuh materi soal latihan untuk anakku yg kls 7 SMP

    BalasHapus
  4. Belum ngerasain rempongnya ngedampingin anak-anak ngerjain tugas sih, karena memang belum pada sekolah. Tapi menurutku, anak zaman sekarang punya banyak kemudahan buat belajar, salah satunya dengan aplikasi belajar kayak gini.
    Btw, salut banget sm ibu mbak yang strugling buat beradaptasi sama metode belajar via online. Mertuaku juga guru zaman jadul. Ngerti banget gmn beliau berusaha keras buat memahami teknologi zaman now.

    BalasHapus
  5. wah sekarang belajar tambah asyik, banyak aplikasi belajar apalagi di situasi pandemi ini banyak provider ngasih gratisan untuk aplikasi tertentu
    Ngga ada alasan untuk malas dong ya?

    BalasHapus
  6. Betul, banyak cara kalau pengen memanfaatkan pandemi corona ini dengan hal-hal yang bisa meningkatan kemampuan diri. Memang perlu sedikit adaptasi dan memotivasi diri untuk disiplin sih...

    BalasHapus
  7. Sesuai namanya ya, "Pahamify" mengajak usia belajar untuk lebih mudah paham pelajaran sekolah. Apalagi banyak gratisannya itu kan.

    BalasHapus
  8. Dek Awin, makasih yaaa sudah share tentang Pahamify ini. Mau coba ah buat si Cinta belajar Matematika. Kalau diajarin emak bapaknya harus adu urat dulu soalnya, sementara dia sudah ketinggalan materi 1 semester karena masuk SMP langsung semester 2 kemain. Siapa tahu kalau belajar dari Pahamify bisa lebih paham.

    BalasHapus
  9. Pahamify sangat membantu untuk anak-anak belajar secara online ya 😍 diberikan akses gratis pula selama masa pandemi ini. Anak-anak ga ada alasan deh buat ga belajar di rumah 😊

    BalasHapus
  10. Keren keren keren.
    Meski di rumah aja, belajar tetep harus dong. Makin kreatif aja ya generasi masa kini.

    BalasHapus
  11. Nah betul, perkembangan teknologi bantu banget di saat work atau study from home begini. Banyak pilihan aplikasi yang direkomemdasikan, salah satunya ya Pahamify

    BalasHapus
  12. Karena pandemi ini banyak sekali aplikasi yang memberikan layanan gratis. Saya yang cuma irt kebagian untung juga. Alhamdulillah, bisa upgrade skill hihi

    BalasHapus
  13. Sangat membantu sekali jika ada aplikasi belajar online yang dibuka gratis seperti ini.. Emak2 mulai lelaah nih mbak ngajarin anak-anak apalagi yang anaknya sudah 2 atau lebih.. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supaya ngga jadi angry bird yang keluar tanduknya ya?
      Kemajuan teknologi sangat tahu kebutuhan para Ibu 😁😁

      Hapus
  14. waa aku baru tau nih aplikasi belajar online iniii, mau infoin ke keponakan aku aaah, pasti seneng niiih, biar anak jadi rajin dan wawasanya nambah hehehe

    BalasHapus
  15. bisa jadi referensi nih aplikasi pahamify.. karena memang anak-anak udah terlalu bosan belajar online dirumah

    BalasHapus
  16. Ada banyak cara ya agar anak2 yg masih usia sekolah betah belajar dari rumah. Solusinya kan ada Pahamify

    BalasHapus
  17. Wahh aplikasinya sangat membantu ya...
    Membantu orang tua yg mendampingi anak belajar di rumah

    BalasHapus
  18. Semangat semuaaa dan stay produktif dirumah, semoga wabah ini segera usai. Amiinn 🤗

    BalasHapus
  19. Ini aplikasi belajar baru ya, Kak? Apa saya yang kudet ya, padahal penggunakanya udah 200ribuan. Nanti saya cobain ah, biar anak-anak bisa nyoba.

    BalasHapus
  20. Wah aku baru tahu nih ada aplikasi ini. Bisa jadi pilihan untuk terus belajar di rumah buat adik. 😁

    BalasHapus
  21. Baru tau win klo ada aplikasi seperti itu. Bisa dicoba ah

    BalasHapus
  22. semenjak pandemi banyak aplikasi yang kasih pelayanan cuma2 ya. aplikasi kesehatan sekarang juga banyak yg gratis.
    rasanya aplikasi belajar online juga ada yg resmi dari kementrian pendidikan

    BalasHapus
  23. semenjak pandemi melanda, kita harus bisa memaksimalkan teknologi informasi untuk belajar dari rumah...

    BalasHapus

Thank you for leaving a comment. Please come back!