Jumat, 11 Agustus 2017

Membaca Buku Melalui Kindle dan Mendapatkan E-book Gratis


Tahun lalu, orang tua saya menghadiahkan saya sebuah tablet, Asus Fonepad 8. Waktu itu, saya memang mengeluh harus berat-berat bawa laptop ke kampus hanya untuk membuka e-book untuk kuliah. Menjadi mahasiswa psikologi yang sebagian besar bukunya berbahasa Inggris, e-book mejadi piliha saya mengingat harga buku fisiknya cukup menguras kantong. Lagipula e-book psikologi yang sebagian besar saya miliki saya dapatkan langsung dari dosen atau teman-teman saya (bless them) jadi saya lumayan menghemat pengeluaran. Well, kecuali referensi wajib dari dosen yang tidak saya temukan e-book gratisannya, tentu saya tetap harus mengeluarkan dana.


foto oleh : teknokita.com
Ternyata (dan untungnya), tablet ini telah dilengkapi dengan aplikasi Amazon Kindle yang memudahkan saya untuk membaca e-book.  Tampilannya sederhana, seolah membaca buku fisik. Saya menyukai tampilan carousel koleksi buku yang kita miliki alih-alih tampilan bookshelf  seperti tampilan aplikasi e-book reader lainnya.

tampilan carousel saya saat ini
Sayangnya, sebagian besar buku yang tersedia di Kindle Store harganya lumayan menguras kantong, dalam USD, dan saya harus punya alamat US serta kartu kredit untuk dapat membelinya. Jadi membeli buku melalui Kindle Store jelas bukan pilihan.

Akhirnya aplikasi ini hanya berisi e-book kuliah selama berbulan-bulan sampai beberapa bulan lalu saya menemukan situs NetGalley. NetGalley merupakan sebuah situs yang bekerja sama dengan berbagai penerbit dalam menyediakan Advanced Reader Copy (ARC), yaitu buku-buku yang diperuntukkan bagi pembaca profesional/reviewer yang secara konstan memberikan masukan/kritikan terhadap buku yang dibaca. ARC ini juga merupakan edisi yang diberikan kepada reviewer sebelum diterbitkan secara resmi. So yeay!


Tampilan beranda NetGalley
Jadilah, saya keranjingan browsing buku di NetGalley dan menyebabkan TBR saya makin menggunung. Lebih-lebih semua buku tersebut dapat langsung dikirim ke akun Kindle saya dalam hitungan detik dan tentunya gratis. Saya hanya perlu memberikan review melalui akun saya di NetGalley sebagai masukan bagi penulis dan penerbit. Of course it's a beneficial exchange, saya bisa mendapatkan buku berbahasa Inggris dengan cuma-cuma, penulis dan penerbit mendapatkan feedback yang mereka harapkan.

Cara mendapatkan buku melalui NetGalley sangat mudah, hanya perlu membuat akun dengan mengisi form yang disediakan and you're ready to request books. Kalau kamu punya akun Goodreads, atau blog, atau channel YouTube dan biasa membahas buku dalam bahasa Inggris, itu akan jadi nilai lebih dan memudahkan kamu ketika me-request buku di situs ini. Tapi kalau tidak (kayak saya), tenang saja. Masih banyak buku-buku yang bisa di-request tanpa syarat seperti itu. All we have to do is writing a review after finishing it.

Satu-satunya yang menyulitkan saya adalah semua buku di NetGalley berbahasa Inggris, dan bahasa Inggris saya masih-sangat-amat menyedihkan. Jadi butuh waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan satu judul. But it's worth it. Sejauh ini selain bahasa Inggris, NetGalley baru menyediakan buku-buku berbahasa Perancis, Jerman, dan Jepang. Semoga selanjutnya NetGalley juga menyediakan buku-buku berbahasa Indonesia.

UPDATE (13 Agustus 2018)
Saya mencoba mencari buku-buku public domain semisal karya Jane Austen dan ternyata sebagian buku-buku tersebut diberikan gratis melalui Amazon. Tinggal cari buku yang diinginkan dan tambahkan ke akun Kindle. Sejauh ini saya sudah membeli Emma karya Jane Austen, Little Women karya Louisa May Alcott (akan rilis tanggal 29 Agustus 2017), dan The Iliad karya Homer (akan rilis tanggal 15 September 2017). Daftar buku-buku yang termasuk public domain  dapat dilihat di sini. Sebagian besar buku-buku ini juga bisa di-download melalui Goodreads jika kamu tidak memiliki aplikasi Kindle.

2 komentar:

  1. Kirain kindle ki harus beli ebook reader lho. Jiah, kudet aku. Aku yo punya favorit situs download, namanya freeebook.net. mampir gih, siapa tahu ada buku yang cucok he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga kok mbak, udah ada aplikasinya di google apps. Makasih banget mbak, infonyaaah

      Hapus

Merci de laisser un commentaire. S'il vous plaƮt revenir - Thank you for leaving a comment. Please come back