[BACA] Mata Hari (The Spy) - Paulo Coelho

2:13 PM

Judul : Mata Hari (The Spy)
Penulis : Paulo Coelho
Alih Bahasa : Lulu Wijaya
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Diterbitkan pertama : November 2016
Tebal : 192 halaman
Format : Paperback
ISBN : 9786020336138

Ketika tiba di Paris, Mata Hari tidak memiliki uang sepersen pun, tetapi dalam beberapa bulan saja dia telah menjadi wanita paling terkenal di kota itu.

Sebagai penari, dia membuat para penontonnya syok dan berdebar-debar; sebagai wanita penghibur, daya tariknya membius pria-pria paling kaya dan berkuasa pada zaman itu.

Tetapi ketika perang melanda, paranoia menyelimuti seantero negeri. Gaya hidup Mata Hari membuat dia dicurigai. Pada tahun 1917, dia ditangkap di kamar hotelnya di Champs Elysees dan dituduh melakukan kegiatan mata-mata.
***


Mata Hari, wanita paling kontroversial dalam sejarah Perang Dunia I. Ia ditangkap atas tuduhan agen ganda untuk Jerman dan Perancis, but was she? Paulo Coelho membuka pikiran pembaca mengenai salah seorang wanita cantik yang terkenal sebagai penghibur dan penari erotis.

Ini buku kedua karya Paulo Coelho yang saya baca setelah The Pilgrimage. Pun, novel ini sangat berbeda dari The Pilgrimage yang saya baca dulu. Masih mengedepankan sudut pandang pertama, namun saya merasakan "nyawa" yang berbeda. Seolah-olah saya benar-benar "mendengar" suara Mata Hari dalam novel ini.

Novel ini berlatar hari-hari terakhir Mata Hari di penjara setelah ditangkap atas tuduhan agen ganda, dimana ia menulis surat untuk pengacaranya, Mr. Clunet sembari berharap permohonan pengampunannya dikabulkan pemerintah Perancis. 

Paulo benar-benar menggambarkan Mata Hari sebagai sosok wanita mandiri yang glamor dan mendambakan kehidupan yang mewah dan selalu disoroti banyak pihak. Sepanjang cerita Mata Hari tidak meyakinkan dirinya bersalah pada pengacaranya, melainkan menceritakan bagaimana ia, yang datang ke Perancis tanpa uang sepeser pun menjadi artis paling kontroversial dan memiliki hubungan akrab dengan orang-orang kaya dan berkuasa pada masa itu.

Saya mengagumi kegigihan Paulo melakukan riset dalam pengerjaan novel ini. Lebih-lebih, Paulo mencantumkan beberapa referensi yang direkomendasikannya kepada pembaca yang ingin mengenal lebih jauh mengenai sosok Mata Hari. It is a useful information.
[Aku wanita yang lahir pada waktu yang salah dan tidak ada yang bisa kulakukan untuk memperbaiki ini. Aku tidak tahu apakah masa depan akan mengingatku, tetapi kalau ya, kuharap masa depan itu tidak pernah menganggapku korban, melainkan seseorang yang melangkah maju dengan keberanian, membayar harga yang harus dibayarnya tanpa rasa takut] - halaman 27
Anyway saya bikin booktube channel dan di sini saya bakal lebih banyak cuap-cuap tentang buku dibanding di blog ini. Jadi kalau suka silahkan subscribe!


You Might Also Like

3 jejak dari orang-orang baik hati

  1. woooow kak Awin udah jadi youtuber aja :p

    BalasHapus
  2. Awin bacaannya makin berat aja yesssssss

    Looks interesting.
    Versi ebook udah ada belum ya win?
    Atau udah masuk rak obral belummm?

    #Ngok
    #ReaderKere

    BalasHapus

Merci de laisser un commentaire. S'il vous plaît revenir - Thank you for leaving a comment. Please come back