[BOOK REVIEW] 2- Donny Dhirgantoro

9:03 PM

cover from goodreads.com
Judul : 2
Penulis : Donny Dhirgantoro
Penerbit : Grasindo
Tahun Terbit : 2011
Tebal : 418 halaman
Format : Paperback
ISBN : 9789790815629

Ini Bulutangkis, dan ini Indonesia, di mana impian dibawa ke dunia nyata, tidak berlaku untuk Gusni Annisa Puspita, remaja yang "kelebihannya" adalah keterbatasannya. Cita-citanya sejak kecil untuk membuat orang tuanya senang dengan bermain bulutangkis terus kandas.

Suatu malam kenyataan pahit datang untuknya, sebuah kenyataan tak berperi, hidup yang tidak berpihak kepadanya, kenyataan yang berbicara lantang kalau bermimpi saja tidak akan pernah cukup.

Dan, perempuan Indonesia dengan segala keterbatasannya itu memutuskan untuk melawan, memutuskan untuk terus berjuang demi impiannya, memutuskan untuk terus mencintai hidup yang tidak pernah sempurna.

Memutuskan untuk berani mencintai, dan mencintai dengan berani...

***

Jujur aja, ini buku kado ulang tahun saya yang ke enam belas dan saya baca ulang karena mau ngerotasi isi rak buku. Dulu waktu pertama baca saya gak berasa apa-apa. Tapi sekarang pas baca ulang saya jadi ngeh gitu dan bikin saya lebih kritis sama ceritanya. Faktor U kali ye, secara buku ini udah nginap empat tahun di lemari dan selama empat tahun itu bacaan saya terus bertambah.

Okeh, jadi buku ini sudah kurang lebih empat tahun mengendap di lemari. Pas saya baca ulang saya merasa terlalu banyak emosi dalam buku ini. Kalau review-review lain di Goodreads pada bilang buku ini lebay, saya merasa mas Donny hanya terlalu banyak menggunakan kata-kata yang menurut saya rada emosional. Ibarat bakso, micinnya kebanyakan.

Sebenernya inti ceritanya sederhana. Cewek yang mengalami obesitas karena penyakit genetik dan berusaha untuk melawan penyakitnya dengan berbagai cara. Nah, yang membuat ceritanya kelebihan micin adalah cerita struggle si tokoh utama dengan bulutangkis. Too much details on it

Mungkin niat mas Donny pengen bikin cerita lebih detail, lebih bangun, bikin pembaca bisa merasakan apa yang diimajinasikan mas Donny. Tapi saya malah gak suka. Makanya bagian-bagian itu saya skip semua. Kalau yang suka cerita dengan latar olahraga mungkin bakal suka sih.

Overall untuk sebuah novel motivasi, novel ini lumayan. Pesan yang disampaikan dapet banget, plus humornya yang gak garing.

"Jangan meremehkan kekuatan seorang manusia, karena Tuhan sedikitpun tidak pernah" - halaman 124 

You Might Also Like

9 jejak dari orang-orang baik hati

  1. Terkadang kalo ngebaca tu memang harus berulang kali baru kita bisa memahami makna yang ada dalam bukunya..

    Salam kenal ya

    BalasHapus
  2. Aku juga suka baca ulang buku. Kadang maknanya jadi berubah, tergantung suasana hati, hihihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. that's why we always keep books at shelves. biar bisa dibaca ulang :D

      Hapus
  3. Sering banget lihat buku ini di mana mana tapi ada semacam aura yang bikin aku nggak kepengen baca.

    Entah kenapa...

    Hmmmm

    #BookwormProblem

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gak suka sama yang kebanyakan micin mending engga deh dad :D

      Hapus
  4. novel yang sangat memotivasi ini

    BalasHapus

Merci de laisser un commentaire. S'il vous plaît revenir - Thank you for leaving a comment. Please come back