Kembalikan Lagu Anak-Anak ke Pangkuan Anak-Anak!

2:17 PM

Sewaktu kopdar kemaren ada suatu peristiwa yang mengganjal pikiran saya, bahkan sampai kopdar bubar jalan dan saya balik ke rumah. Bahkan sampai berhari-hari setelah kopdar

Jadi pas kopdar kemaren para blogger pencari wangsit nongkrong di teras lantai 2 Texas Juanda. Kebetulan di dalam ada pesta ultah dedek-dedek unyu yang bikin kita-kita pada gemes. Awalnya kita (atau tepatnya saya) seneng-seneng aja, lumayan nostalgila denger lagu anak-anak jaman baheula. Saya berasa pembersihan kuping :)))

Tapi kemudian suasana itu berubah ketika negara api menyerang saya melewati kerumutan dedek-dedek unyu yang lagi joget. Terpaksa. Soalnya cuma itu satu-satunya jalan ke toilet dan saya udah kebelet gak tahan memenuhi panggilan alam. Ternyata oh ternyata dedek-dedek unyu itu lagi joget bareng emaknya dengan iringan dangdut koplo yang liriknya... ah sudahlah

Intinya lirik lagunya gak sinkron sama umur dedek-dedeknya yang masih belum sunat dan belum mens. Bayangin aja, dedek-dedek yang kalau jalan masih suka minta gendong sama emaknya ini udah dikasih denger lagu yang liriknya cinta-cintaan. Gedenya jadi apa dong?

Dulu tuh ya jaman saya masih jadi dedek-dedek unyu, yang ngetrend itu bukan jargon "sakitnya tuh disini" Cita Citata. Tapi boneka unyu yang bisa ngomong dan rada centil

Susan, Susan, kalau gede mau jadi apa?
Pic from google.com
Siapa sih, yang gak ingat Susan yang pengen jadi dokter? Percaya atau tidak, tokoh Susan ini sukses bikin anak-anak 90an nurut sama orangtuanya. Saya inget bener kalau gamau makan langsung dibanding-bandingin sama si Susan ini wkwkwk. Alhasil saya makan dong, masa kalah sama Susan :)))

Lagu-lagu jaman 90an mah, kayaknya terorgansir sesuai umur. Kalau dedek-dedek unyu macam saya dengerin lagu-lagu Trio Kwek-Kwek, Zaskia Geofanny, Joshua, Eno Lerian, atau jaman-jaman Agnes Monica belum nyanyi Coke Bottle dan pipi Tina Toon masih se-chubby bak pao.

I grew up with those amazing trio
Pic from google.com
Lagu buat anak-anak ada, plus moral value yang disisipin. Ada lagu yang ngajarin nabung, ngajarin sayang orangtua, sampai lagu buat bujuk makan kayak lagu Abang Tukang Bakso (dan saya doyan bakso gara-gara lagu ini!). Kalau sekarang? Haduuuuh denger anaknya nyanyi Sakitnya Tuh Disini itu emak-emak langsung pada girang gak ketulungan. I feel sorry for them

Tadi pagi saya nonton sebuah talkshow di salah satu stasun televisi swasta (tayangan ulang, bukan live). Kebetulan bintang tamunya adalah Papa T. Bob, yang notabene adalah pencipta lagu anak-anak. Beberapa lagu anak-anak karyanya bahkan sempat diputar ulang sebentar, membuat saya teringat masa kecil saya. I grew up with Papa T. Bob, Pak Kasur, Bu Kasur, and those who write song for children on 90's. Saya tumbuh bersama mereka, saya tumbuh bersama anak-anak yang mereka ajarkan menyanyi. Saya gede bareng Trio Kwek-Kwek, Kak Ria Ernes, Tasya, Joshua, dan penyanyi-penyanyi cilik yang sekarang udah sama gedenya sama saya.

Saya senang sekali ketika Papa T. Bob (on TV, of course) mengatakan sedang mengerjakan proyek lagu anak-anak. Kata beliau, ada sekitar lima puluhan anak-anak yang terlibat, sejak setahun yang lalu. Dan saya sangat-amat-teramat (lebay!) berharap proyeknya Papa T. Bob rampung sesegera mungkin. Saya udah gak tahan liat anak-anak yang bergaya layaknya orang dewasa.

Lastly, I would like to say (as Papa T. Bob said) to all of my fellas
Kembalikan lagu anak-anak ke pangkuan anak-anak. Biarkan mereka menikmati masa kanak-kanak yang bahagia dengan dunianya. Biarkan mereka dewasa pada waktunya, sehingga mereka tidak seperti buah--matang karbitan
Let them smile  naturally
Pic from here

You Might Also Like

4 jejak dari orang-orang baik hati

  1. Emang bener sakitnya tuh di pantat denger anak2 nyanyi lagu itu. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan di pantat kalau aku mah, di jidat! >.<

      Hapus
  2. wohh, nge-fans sama trio kwek kwek ya?

    sama tri kwek kwek nya palanta nge-fans nggak?

    hahaha

    P.S.
    I love your new header
    Not so girly
    Not so manly
    Simple
    Pretty
    Elegant
    and cool in the same time

    Awin beranjak dewasa :')
    hedaer aku kapan dewasa nya yaaa kayak anak TK mulu pake gambar gambar haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trio Kwek-Kwek Palanta? Hm.. ngefans gak yah? haha :P

      Udah "awin banget" gak headernya? :D

      Hapus

Merci de laisser un commentaire. S'il vous plaît revenir - Thank you for leaving a comment. Please come back