Minggu, 09 Januari 2011

MENULIS CERPEN SEDERHANA; Sebuah Tutorial Dari yang (tak) Berpengalaman

semalem abis smsan ama aa' indra. uda janji sih, soalnya mau sms dia kalo uda ada pulsa (note: uda 3 hari lupa beli pulsa terus. menyebabkan missunderstanding antara saya dan sahabat. haha)
saya ngira nya dia mau nanya apaan gitu. eh ternyata dia ngajak diskusi soal sastra. wah wah, seperti nya dia datang ke orang yang sangat (tidak) tepat. secara saya masi muda, pengalaman masih sedikit, dan masih sangat sangat labil. saya juga termasuk kurang produktif (kecuali kalo uda di suru) hahaha.
eniwei, saya sudah janji kepada aa' indra untuk memposting sebuah tutorial sederhana menulis cerpen yang saya dapat dari teman saya yang di dapat nya entah dari mana :D oke, mari kita mulai

menulis cerpen yang sederhana memiliki 3 konsep
1. Taruh dia di atas pohon,
2. Lempari dia dengan batu, dan yang terakhir
3. Buat dia turun

nah bingung kan? ini penjelasannya
Taruh dia di atas pohon: buatlah sebuah situasi, dengan seorang tokoh utama. ini adalah awal dari cerpen mu
Lempari dia dengan batu: kembangkakn ceritamu, buat sebuah masalah yang harus dihadapi si tokoh utama. misalnya, naksir kakak kelas, permasalahan dengan sahabat. disini adalah klimaks nya. jadi buatlah ceritamu semakin menarik dengan konflik yang menarik
Buat dia turun: inilah anti klimaks nya, sekaligus penyelesaian dari cerpen mu. buatlah penyelesaian yang menarik. DAN JANGAN BUAT ENDING YANG BASI! kenapa? sejujurnya ending yang basi dan biasa tidak akan membuat pembaca mengulang cerpen mu. nah, disinilah bagian yang menurut saya menentukan kreatifitas seorang cerpenis. karena kalo boleh jujur, bagi saya membuat ending itu SANGAT SUSAH! tak jarang saya memberi ending gantung dalam cerpen saya karena saya kehabisan ide. haha. jangan di tiru sodara sodara!

nah, itu baru dasar dan konsep sederhana nya saja. masih ada hal yang harus kamu lakukan untuk membuat cerpenmu lebih menarik dan semakin menarik. yaitu BACA DAN EDIT cerpenmu. bacalah lagi cerpenmu yang sudah selesai, edit kata2 yang kamu rasa kurang pas, baca lagi. kalo rasa nya kamu sudah sreg dengan pemilihan kata2 dalam cerpen mu, maka SELAMAT! KAMU SUDAH BERHASIL MENULIS SEBUAH CERPEN. kelihatannya sederhana bukan? ya, karena begitulah cerpen. bumbunya hanya kreatifitas, ditambah dengan sering2 membaca dan menulis.

nah, ada pertanyaan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Merci de laisser un commentaire. S'il vous plaƮt revenir - Thank you for leaving a comment. Please come back